Home > Tokoh > Mochtar Riady

Mochtar Riady

Mochtar Riady - Manusia Ide

Mochtar Riady – Manusia Ide

Beberapa minggu lalu saya melihat buku baru di Gramedia, dengan gambar Mochtar Riady berjudul “Manusia Ide”. Ini adalah jenis buku yang saya tunggu-tunggu. Saya selalu terpesona dengan cara Lippo menjalankan usahanya, di belakangnya, ada Mochtar dan James Riady. Saya juga selalu bertanya-tanya, apakah Mochtar akan menulis buku. Untungnya, dia menulis cerita suksesnya, kehidupannya, usaha, dan keluarganya. Bagiku ini sangat penting, tidak hanya untuk keperluan pribadi, tapi juga untuk kepentingan publik. Setiap orang perlu belajar dari orang luar biasa ini.

Saya beruntung sebagai salah seorang yang pernah bekerja diĀ Lippo. Saya mengalami sendiri betapa perusahaan ini sangat aktif, ambisius, percaya diri, dan visioner. Manajemen bergerak sangat cepat untuk mencapai tujuan ambisiusnya. Sampai sekarang, Lippo terus berkembang, terutama didukung oleh munculnya usaha-usaha baru oleh berbagai generasi dari keluarganya.

Membaca biografinya, saya bisa melihat bahwa Pak Mochtar adalah CEO dan wirausaha yang brilian. Dia mempunyai visi yang kuat dan berani untuk perusahaannya tapi juga sangat baik dalam menjalankan perusahaannya. Dia melihat bahwa sistem operasi sebuah perusahaan sangat penting. Efisiensi, efektivitas, produktivitas adalah prinsip-prinsip lain yang perlu dicapai. Sebuah perusahaan diibaratkan seorang manusia. Jika tubuh manusia kelebihan berat badan, dia belum tentu mampu bergerak cepat. Begitu juga dengan perusahaan. Suatu perusahaan akan sehat jika perusahaan itu efisien dan produktif.

Satu poin yang menarik dari biografinya, bahwa tidak hanya berupa otobiografi, tapi juga ada buku lain yang ditulis oleh berbagai macam pihak di dalam kehidupannya. Pandangan orang-orang ini melengkapi pemahaman pembaca mengenai Mochtar Riady, kehidupannya, pencapaiannya, dan kemanusiaannya. Banyak yang mengatakan bahwa dia tidak hanya brilian dalam bisnis, tapi juga dalam hal kemanusiaan. Hal ini penting. Ini menunjukkan kepada semua orang bahwa uang bukanlah segalanya. Di dalam biografinya, setiap orang bisa melihat bahwa dia masih hidup secara sederhana, meski sangat kaya. Setiap orang perlu memperhatikan orang lain, membawa manfaat kepada komunitasnya, melalui bisnis. Ini merupakan konsep yang sedang tren saat ini sebagai “social enterprise” atau bahkan merupakan konsep lain yang lebih penting, juga dipopulerkan oleh Mohammad Yunus.

Pak Mochtar mengatakan bahwa hidupnya adalah pencapaian dari satu tujuan ke tujuan lainnya. Hal itu sangat sederhana, tapi mungkin banyak yang tidak mengerti betapa hal itu penting. Seseorang bisa saja hidup hanya mengikuti alur yang ada, sebagai hasilnya, orang tersebut tidak merencanakan dengan baik hidupnya di muka. Saya teringat akan suatu kutipan, “Sukses itu adalah tujuan, dan yang lain hanya komentar-komentar”. Membaca kehidupan Pak Mochtar membuat keyakinan saya bertambah kuat mengenai pentingnya menetapkan tujuan.

Kehidupan Pak Mochtar menginspirasi saya untuk meningkatkan diri jauh lebih baik dari sekarang. Masih banyak yang bisa diraih, bisa dipelajari, bisa dilakukan Jangan berhenti belajar. Jangan berhenti bertumbuh. Melihat semangatnya meski sudah tua, juga mengingatkan setiap dari kita untuk selalu aktif dalam hidup. Umur tua bukanlah hambatan. Hal ini mudah dikatakan daripada dilakukan.

Di bawah kepemimpinannya, Lippo menjadi salah satu grup konglomerat terbaik di Indonesia. Sebagai orang Indonesia, dan alma mater Lippo, saya merasa bangga. Banyak orang Indonesia sadar, jika mereka pergi ke Hong Kong atau Shanghai, mereka akan melihat gedung Lippo di sana. Itu menakjubkan. Sekarang, saya membaca dari otobiografinya, Lippo baru saja membeli gedung menara di Amerika. Dengan demikian, visi Mochtar telah lengkap dengan hadir di ibukota negara besar di dunia. Ini tentunya mengharumkan nama Lippo, dan juga nama Indonesia.

Pak Mochtar, terima kasih telah membagi tentang kehidupan Anda. Saya percaya bahwa kehidupan Anda akan menginsiprasi banyak orang sehingga setiap orang dapat mencapai lebih dari apa yang mereka pikir mereka bisa capai.

Categories: Tokoh Tags: , , ,
  1. Fritz.Wihandha Ms
    April 11th, 2016 at 13:03 | #1

    Sy sangat terinspirasi sekali sama bapak Mochtar Riady.Sy berjuang keras walau saya lumpuh di atas kursi roda.walau saya sekali-kali pakai alat base dan dua tongkat untuk berjalan.Sy bukan mencari dukun.tp saya mencari orang hebat berprinsip hidup hebat dengan jiwa kesederhanaan.prinsip saya harus belajar terus dan tekun walau kondisi fisik sangat darurat.ku sekolah awal sd selalu belajar dan belajar.akhirnya dapat rangking pertama.dan usia 12 tahun sudah kerja administrasi penggajian karyawan.di salah satu perusahaan swasta .pt.south pacific viscoseviscose purwakarta.masa kerja 10 tahun kena kecelakaan tabrakan motor.hari berkabung saya.sampai laris musnah.rantau pertama saya daerah cikarang yg begitu hebat pembangunannya..betapa hebatnya orang pendiri ini sampai saya terkagum kagum.akhirnya sampai saat ini sy baca di web.pa mochtar Riady adalah pendirinya begitu hebat dan perlu saya belajar dari anda .walau kondisi saya tuna daksa.Thank Allah.for give me brilian informasion.saya harus berjuang untuk reformasi keadaan kondisi fisik saya yang tunadaksatuna daksa.Thank fritz Wiganha.Ms..dial 085950469728. Or 08164215598